Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Selasa, 03 Januari 2012

Masjid Dirobohkan, Seratus Muslim Cina Bentrok dengan Polisi

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah bentrokan meletus pada Jumat pekan kemarin di Hexi, sebuah kota di wilayah Ningxia. Penyebabnya, sebuah masjid dihancurkan karena pembangunannya dinyatakan ilegal.


Sekitar seribu polisi setempat datang dan merobohkan masjid tersebut. Demikian disampaikan Pusat Informasi Hak Asasi Manusia (HAM) dan Demokrasi, Hong Kong.

Dalam bentrokan tersebut dilaporkan sedikitnya 50 orang terluka dan lebih dari 100 warga ditahan setelah beberapa ratus anggota minoritas Muslim Hui Cina mencoba menghentikan pembongkaran Masjid.

Seorang warga setempat mengungkapkan bahwa dalam bentrokan itu terdapat dua orang yang meninggal dunia. Namun, Pusat Informasi HAM dan Demokrasi Hong Kong mengaku tidak dapat mengkonfirmasi kabar tersebut.

Polisi setempat juga membantah kabar ada warga Muslim Hui yang meninggal. Etnis Hui merupakan salah satu dari beberapa kelompok minoritas Muslim di Cina. Mereka termasuk keturunan imigran Muslim dari Asia Tengah, anggota etnis mayoritas Cina Han yang masuk Islam dan beberapa kelompok lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar