Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Selasa, 08 November 2011

Ada-ada Saja...Tolak Imunisasi, Grup Ini Anjurkan 'Berbagi Virus' Demi Kekebalan

REPUBLIKA.CO.ID, TENNESSEE - Cara paling manjur untuk terhindar dari penyakit infeksi adalah dengan terkena penyakit itu sendiri. Inilah yang diyakini beberapa warga Amerika Serikat saat ini.

Laporan berita dari KPHO-TV di Phoenix dan  WSMV-TV Nashville, kini di Amerika Serikat muncul kelompok-kelompok yang terbentuk di situs media sosial seperti Facebook yang menawarkan cara untuk mendapatkan "kekebalan alami" dari cacar air. Caranya, adalah dengan sengaja mengekspos anak-anak agar terkena penyakit itu.

Grup ini lahir atas dasar kekhawatiran tentang berbagai efek samping vaksin dan bahwa vaksin itu sendiri tidak efektif dan hanya akan menciptakan  kekebalan jangka pendek terhadap penyakit.

Kelompok Facebook seperti "Cari Pesta Cacar di Area Anda" (Find a Pox Party in Your Area) telah muncul - menawarkan cara untuk berbagi virus agar tubuh menjadi kebal secara alami. Misalnya, dengan berbagi satu lolipop untuk dijilat bersama antara anak yang sakit dan sehat.

Otoritas kesehatan setempat mengingatkan,  menciptakan kekebalan pada anak-anak dengan cara ini tidak hanya tidak aman tetapi ilegal.

"Dapatkah Anda bayangkan berbagi liur dari beberapa anak lain hanya demi kekebalan tubuh?" Jaksa Distrik Tengah Tennessee, Jerry Martin, mengatakan kepada The Associated Press.

Dokter memperingatkan bahwa praktik ini tidak hanya tak praktis, tapi juga berbahaya.

Ishak Thomsen, seorang spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Anak Vanderbilt, mengatakan kepada AP bahwa perantara melalui barang-barang yang terinfeksi adalah "secara teoritis mungkin" tetapi "mungkin bukan cara yang efektif untuk berbagi virus."

Ia juga memperingatkan bahwa lolipop bisa membawa virus lain yang lebih berbahaya, seperti hepatitis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar