Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Sabtu, 12 Mei 2012

Hingga Sabtu Dini Hari Dua Wartawan Belum Ditemukan Tim SAR


TRIBUNNEWS.COM, BOGOR-- Hingga Sabtu (12/5/2012) dini hari, petugas SAR belum berhasil menemukan dua wartawan yang menghilang dari rombongan saat peliputan kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak, Sukabumi, sejak Jumat (11/5/2012) petang.
Kedua wartawan itu adalah Ray Jordan dari portal detik.com dan Ade, wartawan Bali Post.
Agus, seorang petugas SAR yang mengawasi pusat radio evakuasi mengungkapkan, suara kedua wartawan itu sempat tertangkap radio Handy Talkie (HT) petugas di ketinggian 1.710 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada sekitar pukul 16.30 WIB.
Diketahui, sumber suara berasal dari lembah antara puncak Gunung Salak 1 dan 2. Namun, ketika petugas SAR turun ke lembah di ketinggian 1.600 mdpl, suara keduanya lenyap. Begitu pun saat petugas beranjak ke ketinggian sekitar 1.800 mdpl.
"Mendapat laporan, kami langsung perintahkan petugas SAR yang ada di atas puncak Gunung Salak 1 melakukan pencarian. Di lembah ketinggian 1.710 mdpl itu sempat ada yang teriak minta tolong. Ketika petugas turun, suara itu enggak ada lagi," ungkap petugas pusat radio, Agus, di Posko Utama Kecelakaan SS100, Balai Ternak Embrio Ternak Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/5/2012) dini hari.
Menurut Agus, petugas SAR beberapa kali turun dan naik ke lembah yang menjadi sumber suara, namun kejadian yang sama tetap terulang. Diduga terjadi gemma di lembah itu sehingga sumber suara sulit diperkirakan.
Karena hari sudah gelap dan cuaca di lokasi gunung itu berkabut dan sangat dingin, akhirnya petugas SAR menghentikan pencarian dan bermalam di tempat tersebut. "Kalau tetap dilanjutkan, tidak akan memungkinkan. Justru membahayakan petugas. Besok pagi pencarian dilanjutkan," tandasnya. Hingga kini belum diketahui nasib kedua wartawan tersebut.
Jordan dan Ade adalah dua di antara beberapa wartawan yang melakukan pendakian Gunung Salak dalam rangka peliputan titik jatuhnya pesawat SS100. Namun, keduanya terpisah saat di tengah perjalanan. Informasi yang dihimpun, keduanya saat itu memisahkan diri untuk mengambil air di lembah.
Sekitar pukul 16.33 WIB, Jordan sempat mengirimkan pesan singkat ke wartawan vivanews.com, Oscar. Di pesan itu, Jordan mengaku tersesat di Gunung Salak. Namun, ia masih mengaku dalam kondisi aman.
"Lo di mana?? Gw nyasar sama Ade, foto Bali Post. Nih lagi sahut-sahutan sama SAR. Kondisi aman,.. Doakan yah," kata Jordan dalam pesan singkat yang diterima Oscar.
Oscar menjawab akan pesan singkat Jordan dan mengatakan akan mencari bantuan.
Sekitar 15 menit, Oscar kembali menerima pesan singkat dari Jordan. Kali ini, Jordan mengaku persedian makanan dan minumnya menipis, serta butuh pertolongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar