Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 02 Desember 2011

Schwantz: Rossi Gentar Pakai Bridgestone


BEBERAPA kali peristiwa kecelakaan yang terjadi di arena balap motor membuat Valentino Rossi merasa takut dengan evolusi sistem kelistrikan dan juga penggunaan ban Bridgestone. "Ban-ban itu membuat saya khawatir," kata Kevin Schwantz menirukan ucapan Rossi pada dirinya.

Kevin mengatakan bahwa hal yang paling ditakutkan para pembalap di awal-awal lap adalah masalah ban. Butuh waktu untuk membuat dari ban yang tadinya dingin dan kaku menjadi ban yang lebih lentur dan siap dipacu dalam kecepatan tingging.
Ban Bridgestone memang menjadi sorotan setelah menghasilkan ban yang kuat dan mendukung kecepatan tinggi. Umur ban bisa lebih lama dipakai para pembalap.
Namun di sisi kelebihan itu, ada kelemahan ban ini yang dirasakan Rossi yaitu ban jadi lambat panas karena kekerasan ban tersebut. Hasilnya, banyak pembalap yang merasakan pengalaman terjatuh dari motornya.
Kecelakaan kerap terjadi di awal-awal race karena situasinya pada saat awal balapan masih sulit untuk mengendalikan motor. Bannya belum siap dipacu secara langsung perlu ada tahapan penyesuaian terlebih dahulu.
Kecelakaan yang terjadi pada saat awal race jauh lebih berbahaya daripada kecelakaan pada pertengahan atau akhir race.
Pada awal balapan, resiko kecelakaan lebih banyak dan lebih besar karena bisa memicu terjadinya kecelakaan beruntun dari para pembalap yang masih bergerombol dan bertarung dalam jarak dekat.
"Jika ditanyakan kepada Bridgestone, mereka akan mengatakan kepada anda bahwa ban yang dipakai saat ini adalah ban yang sama seperti yang digunakan tahun lalu. Tapi tahun lalu di saat race di Malaysia, 90 persen pembalap menggunakan ban keras. Tahun ini ada 17 rider yang ikut tapi hanya ada satu pembalap yang menggunakan ban keras, satu-satunya yang memakai itu adalah Simoncelli," kata Kevin Schwantz dalam bukunya Superbike Planet.
Tentu saja faktor teknis pembalap juga mempengaruhi performa mereka. "Namun sering sekali kecelakaan itu bermula dari masalah ban," katanya. Rossi mengatakan dulu pada saat memakai motor Yamaha dan Honda dirinya tak terlalu mengalami masalah ganjalan dengan ban Bridgestone itu. Menurutnya tiap ban memiliki karakternya masing-masing dan ada kelebihan dan kekuarangannya. (Tribunnews/mba)

Editor: Prawira Maulana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar