Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Senin, 10 Desember 2012

Hari Ini Ribuan Buruh Lumpuhkan Kota Medan

TRIBUNNEWS.COM,MEDAN-- Ribuan buruh dari gabungan belasan serikat pekerja/serikat buruh kembali turun ke jalan menuntut menuntut kenaikan UMP Sumut 2013 mulai Senin (10/12) hingga Rabu (12/12).

Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Sumut, Minggu Saragih mengatakan aksi selama tiga hari berturut-turut akan dipusatkan di beberapa titik, yaitu Kantor Gubernur Sumut, Bandara Polonia, Kantor Wali Kota Medan, Gerbang Tol Tanjungmorawa dan Gerbang Tol Mabar.
"Kami tetap mendesak Gubernur, Gatot Pujo Nugroho untuk merevisi UMP Sumut 2013, dinaikkan dari nilai Rp 1,375 juta," ujar Minggu via selulernya, Minggu (9/12).
Minggu mengklaim aksi itu akan diikuti sebanyak 100 ribu buruh. Bila tuntutan mereka belum dipenuhi, maka aksi terus berlanjut hingga gubernur mau menyetujuinya.
"Kami akan terus berjuang hingga tuntutan dipenuhi. Kita lihat saja nanti, kita tidak mau berandai-andai. Tapi kita tetap komitmen dalam berjuang. Apalagi gerakan buruh besok (hari ini) sudah mulai marah akibat tuntutan buruh tidak direspons gubernur," ujarnya.
Namun Minggu tidak merinci aksi yang akan mereka lakukan hari ini. Informasi aksi buruh tersebut sudah beredar via broadcast BlackBerry Messanger (BBM), termasuk ke Tribun. Dalam BBM tersebut, buruh berencana menutup akses ke Medan, Belawan dan melakukan sweeping.
Berikut isi BBM tersebut: Sekilas Info bhwa Hasil Rapat Massa Buruh PBM (Pekerja Buruh Melawan) Pada hari Sabtu 8 Des 2012 pkl 15.00 s/d 18.30 wib di Aula Ktr Jamsostek Lt.II Jl. Patimura No.334 Mdn ttg rencana Aksi unras yg akn dilaks pd hari Senin 10 Des 2012,dgn Jubir An. PAHALA NAPITUPULU & dihadiri 27 Elemen Buruh yg tergabung dlm PBM dgn Jml peserta 70 org, Adapun pembahasan hsl dlm Rapat tsb sbb :
1.Sasaran aksi ada 3 titik :
A. Menutup akses Jln Medan -TJ.Morawa D.Serdang dgn titik aksi di Tol TJ.Morawa.
B.Massa Menutup akses Jln. Medan-Belawan dgn titik aksi Tol KIM Mabar dan Tol Blwn.
C.Massa Menutup akses Jln Medan-BinJai-Langkat-Aceh dgn titik aksi di Jalinsum Medan- Binjai Km. 12.
2.Massa buruh PBM pada hari Senin tgl 10 Des 2012 akan melakskan aksi sweeping yg akan dimulai pukul 06.00 wib scr serentak ke Perusahaan2/Pabrik diWily D.Serdang-TJ.Morawa-KIM Mabar-Blwn -Sunggal-BinJai.
3.Massa Buruh PBM berenc akan melaks aksi Anarkis apabila tuntutan aksi tdk segera ditanggapi/realisasi. Dummm!!!
Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sumut Kombes Iwan Hari Sugiarto saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan 3.500 personel gabungan dari Polri dan TNI. Selain itu, kendaraan taktis juga turut diturunkan."Personel pengamanan untuk aksi buruh besok (hari ini) sudah standby," ujarnya.
Beberapa titik yang dilakukan pengamanan, adalah Bandara Polonia Medan, Kantor Gubernur Sumut, Kantor Wali Kota Medan dan beberapa pintu gerbang tol.
Untuk prosedur pengamanan unjuk rasa anarkis, pihaknya tetap melaksanakan sesuai protap, dari tindakan peringatan hingga tindakan tegas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar