Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 01 November 2012

Polres Amankan 24 Calon TKI Ilegal

INILAH.COM, Sanggau - Jajaran Polres Sanggau, pada saat menggelar Operasi Perbatasan berhasil menggagalkan tiga kasus Tenaga Kerja Ilegal (TKI) asal jawa yang akan dibawa ke Malaysia melalui perbatasan Entikong.

Dua kasus diamankan saat dalam perjalanan menuju Entikong, sedangkan satu kasus lainnya diamankan di border Entikong-Tebedu.

AKP M. Husni Ramli yang merupakan Kasat Reskrim Polres Sanggau mengatakan, operasi yang dilaksanakan kurang lebih satu pekan dan berakhir, Selasa (30/10/2012) kemarin juga berhasil mengamankan beberapa barang makanan instan tanpa dokumen. Barang-barang tersebut langsung dilakukan pemeriksaan dan sedang dalam penyelidikan kepolisian. Selain itu, dua kasus gula ilegal juga sedang dalam pemeriksaan polisi.

"Dalam seminggu kita dapati dua kasus gula ilegal, tiga kasus TKI dan lainnya kasus makanan tanpa dokumen. Semuanya masih lidik. Untuk calon TKI sudah dipulangkan ke Pontianak untuk mendapatkan pembinaan di instansi keimigrasian propinsi," jelasnya, rabu kemarin (31/10).

Husni menambahkan, tiga kasus TKI Ilegal tersebut diamankan di tiga lokasi berbeda yakni Tayan Hulu, Balai Karangan dan Entikong. Dari tiga TKP berbeda tersebut diamankan sedikitnya 24 orang yang mayoritas warga dari pulau Jawa dan Madura.

"Sebanyak 24 orang yang berhasil diamankan saat operasi digelar seminggu, dan sudah dipulangkan. Memang dalam beberapa tahun terakhir kasus TKI Ilegal sangat meningkat. Ya mungkin karena urusan perut dan berpikir di Malaysia kerja enak," tukasnya.

Ia menghimbau agar masyarakat jangan mau ikut-ikutan menjadi TKI ilegal di Malaysia. Karena sudah banyak contoh akibat yang terjadi pada masyarakat di indonesia. Jangan sampai, dating ke Malaysia malah diperlakukan tidak manusiawi.

“Makanya kami menghimbau, sebaiknya kerja di negeri sendiri dari pada di negeri orang," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar