Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 01 November 2012

Kapal Tenggelam, 130 Pengungsi Rohingya Hilang

REPUBLIKA.CO.ID, DHAKA -- Sebuah kapal yang membawa ratusan pengungsi Rohingya tenggelam di lepas pantai perbatasan antara Myanmar dan Bangladesh, Ahad pagi.

Mohammad Farhad, inspektur polisi di Teknaf di ujung tenggara Bangladesh, mengatakan kepada AFP, seorang korban yang selamat dari musibah itu melaporkan bahwa kapal tersebut mengangkut sekitar 135 orang.

"Kapal itu sedang menuju Malaysia secara ilegal," kata Farhad, dengan menambahkan bahwa korban selamat berusia 24 tahun itu kini ditahan.

"Ia tidak tahu nasib para penumpang lain karena keadaannya gelap dan ia mati-matian menyelamatkan dirinya sendiri," lanjut perwira polisi itu.

Namun informasi berbeda didapat oleh satu kelompok advokasi Rohingya yang berkantor di Bangkok. Kelompok itu menyebut peristiwa tenggelamnya kapal terjadi antara Senin malam hingga Selasa.

"Kami tahu bahwa kapal penuh sesak dengan 133 penumpang itu sedang menuju Malaysia," kata Chris Lewa, direktur The Arakan Project

Ratusan ribu Muslim Rohingya diperkirakan telah melarikan diri dari Myanmar dalam beberapa puluh tahun terakhir untuk menghindari penyiksaan. Mereka lari terutama ke negara tetangga, Bangladesh.

Kerusuhan yang baru-baru ini terjadi juga membuat gelombang pengungsi baru kain bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar