Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 15 November 2012

Menanti Kehadiran Kerbau Kyai Slamet

TRIBUNNEWS.COM,SOLO - Masyarakat dan abdi dalem mulai berdatangan di Keraton Kasunanan Surakarta.
Mereka berbondong-bondong datang untuk menyabut pergatian tahun baru Islam 1434 Hijriah yang dibalut dalam Kirab Malam 1 Suro.
Arus lalu lintas mulai padat saat melawati jalan yang melingkari alun-alun utara. Kendaraan didominasi oleh sepeda motor, mini bus, dan truk bak terbuka. Kendaraan ini menuju ke sejumlah kantong parkir di sekitar keraton.
Kendaraan tersebut adalah warga dan abdi dalem yang mulai berdatangan dari daerah masing-masing.
"Saya dan rombongan datang dari Klaten, sekitar 20 orang," kata Sarwoko, salah seorang abdi dalem, Rabu (14/11) malam. Rombangannya kompak mengenakan pakaian Jawi Jangkep.
Kerumanan warga semakin banyak saat memasuki halaman di depan Korikamandoengan. Di sini, warga bergerombol persis di depan aksi masuk ke dalam Keraton tersebut. Beberapa warga tidurr di gardu yang biasa digunakan abdi dalem berjaga pintu gerbang.
Sementara para abdi dalem terlihat masuk ke dalam keraton. Kirab Malam 1 Suro akan dimulai tepat pukul 00.00. Keraton akan mengkirab sepuluh pusaka keliling Solo bersama sekitar 8 ribu abdi dalem.
"Kerbau Kyai Slamet yang dikeluarkan ada sembilan ekor," kata KRMH Satrio Hadinagoro, koordinator kirab. Kerbau ini paling ditunggu masyarakat karena kotorannya dianggap mendatangkan keberuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar