Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Sabtu, 27 Oktober 2012

Warga Prancis Lihat Muslim Sebagai Ancaman

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Semakin banyak warga Prancis yang percaya Islam memiliki pengaruh besar bagi negara itu. Namun, lebih dari setengah warga Prancis melihat pengaruh itu sebagai ancaman terhadap identitas Prancis. Demikian hasil survei yang digagas surat kabar Le Figaro yang dipublikasikan, Kamis Kemarin.

Disebutkan survei tersebut, sekitar 60 persen warga Prancis percaya Islam memiliki pengaruh. Prosentase ini naik ketimbang tahun lalu. Dari 60 persen itu, sekitar 43 persen dia ntaranya menganggap pengaruh tersebut merupakan ancaman.

"Hanya 17 persen yang mengakui pengaruh itu akan memperkaya masyarakat Prancis," demikian hasil survei tersebut seperti dikutip reuters.com, Jumat (26/10).

Kepala Departemen Litbang Le Figaro, Jerome Fourquet, mengatakan hasil jajak pendapat ini merupakan dampak dari masuknya berita tentang jilbab, makanan halal, dan serangan teroris dalam tajuk di media Prancis. "Ini juga menunjukkan adanya penguatan pandangan orang Prancis terhadap muslim," kata dia.

Ketua Dewan Muslim Prancis (CFCM), Mohammed Moussaoui, mengatakan ketakutan terhadap Islam dipicu manipulasi politik dari keprihatinan atas imigrasi dan ketakutan terhadap penduduk muslim yang berkembang akan menerapkan hukum syariah.

Survei yang digelar 15-18 Oktober melibatkan 1.726 orang. Setiap pertanyaan survei menyingung resistensi yang berkembang dikalangan warga Prancis terhadap simbol agama Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar