Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 17 November 2011

Thailand: Film 'Di Bawah Lindungan Ka'bah' Luar Biasa

REPUBLIKA.CO.ID, BALI – Sejumlah delegasi negara ASEAN nonton bareng film 'Di Bawah Lindungan Ka'bah' (DBLK). Film karya sutradara Hanny R. Saputra, ini menjadi wakil Indonesia di ajang ASEAN Film Festival (AFF) 2011.


Deputy Permanent Secretary Ministry of Culture Thailand, Chandsuda Rukspollmuang, yang menonton pemutaran film DBLK itu mengaku belum pernah menyaksikan film Indonesia sebelumnya. Menurutnya, film DBLK sangat bagus.
"Luar biasa ini melibihi ekspektasi saya. Sineas Indonesia luar biasa," kata Chandsuda, saat ditemui di Kuta, Bali,  Rabu (16/11) malam.

Setelah menyaksikan DBLK, Chandsuda mengaku sedikit memahami Islam di Indonesia lewat film yang diangkat dari novel Buya Hamka ini. "Kami harus melihat lebih banyak lagi film negara-negara ASEAN. Dengan begitu kami bisa mempelajari budaya dan kehidupan religi kalian," kata Chandsuda.

DBLK merupakan sebuah film drama hasil adaptasi dari novel tahun 1978 karya Buya Hamka. Film yang dibintangi Laudya Cynthia Bella dan Herjunot Ali itu mengambil latar perkampungan Minangkabau di Sumatera Barat tahun 1920-an.

Berkisah tentang kesetiaan dan pengorbanan cinta seorang pemuda bernama Hamid yang lahir dari keluarga tidak mampu. Film ini dulunya juga pernah diproduksi sutradara Asrul Sani pada 1981 silam dengan pemain utama Camelia Malik dan Cok Simbara.

"DBLK juga menjadi wakil Indonesia untuk dikirim ke Academy Awards kategori Foreign Language Film," kata  Sekretaris ASEAN Film Festival, Lalu Roisamri.

Asean Film Festival 2011 sendiri memutar 10 film pilihan dari masing-masing negara anggota ASEAN sejak Rabu (16/11) hingga Kamis (17/11) di Planet Hollywood Galleria, Kuta, Bali. Ajang yang baru digelar pertama kali digelar itu dibuka untuk umum secara gratis.

Film-film yang diputar selama ASEAN Film Festival (AFF) pertama ini di antaranya 'Eternity' karya sutradara
M.L. Pundhevanop Dhewakul (film terbaik Thailand National Film Awards 2011), 'Emil' karya sutradara
Philippines (film terbaik Film Academy of Philippines, 2011) dan' Bunohan' karya sutradara Dain Said, film
Malaysia yang paling banyak diekspor ke mancanegara dan baru saja diputar di Toronto International Film
Festival 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar