Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 26 Agustus 2011

Jika Papandayan Meletus, Pemkab Garut Siap Ambil Langkah Darurat


TRIBUNNEWS.COM, GARUT - Meski hingga saat ini status Gunung Papandayan masih pada Level III atau Siaga, Pemkab Garut menyiapkan rencana atau skenario langkah-langkah darurat untuk mengantisipasi jika gunung itu meletus dalam waktu dekat.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut H Iman Alirahman SH MSi, mengatakan, upaya tersebut dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana jika Gunung Papandayan meletus dalam waktu dekat ini.

Iman mengatakan Pemkab telah siap melakukan langkah-langkah kedaruratan, diantaranya pembentukan tim tanggap darurat, rencana penyiapan posko tanggap darurat, lokasi pengungsian dan posko kesehatan.

Bahkan kata dia, minimal dalam dua hari ke depan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut akan melaksanakan simulasi di beberapa titik rencana lokasi pengungsian.

Menurutnya, simulasi penanggulangan dan evakuasi korban bencana yang akan digelar Pemkab Garut tersebut rencananya akan dipusatkan di Kecamatan Cisurupan dengan melibatkan seluruh komponen termasuk masyarakat.

"Saat ini kami terus menerus memberikan informasi kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang berada di sekitar daerah yang rawan terkena bencana," kata Iman saat memimpin rapat koordinasi dengan seluruh SKPD, unsur TNI/Polri, kecamatan, desa serta perwakilan masyarakat, di Gedung Bapeda Garut, Kamis (25/8).

Ia mengatakan, simulasi itu bertujuan untuk mematangkan berbagai langkah seperti mematangkan peran tiap instansi, persiapan sektor sarana, prasarana, kesehatan, dan pendidikan.

Namun yang paling utama, kata Iman, simulasi itu bertujuan untuk menetapkan jalur-jalur evakuasi. Untuk itu, Pemkab Garut juga akan menyiapkan infrastruktur penunjang seperti rambu-rambu atau penunjuk arah serta menyiapkan armada untuk menanggulangi para korban bencana.

"Kami akan mematangkan proses evakuasi dan menetapkan arah lari untuk menyelamatkan diri menuju tempat pengungsian. Selanjutnya, para pengungsi ditempatkan di tenda-tenda yang telah disediakan. Dalam simulasi juga akan dipraktikkan cara penanganan korban," tambah Iman.

Upaya tanggap darurat dan penanganan tersebut, tambah Sekda, dilakukan bersama oleh Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Pemerintah Desa, dibantu oleh Koramil, Polsek dan Puskesmas setempat.
Pemkab Garut juga telah menyiapkan sedikitnya tiga lokasi pengungsian di tiga kecamatan yaitu di Kecamatan Cisurupan, Sukaresmi dan Kecamatan Bayongbong.

Namun jika letusan Gunung papandayan lebih besar dari letusan yang terjadi di tahun 2002, area pengungsian dapat diperluas ke beberapa wilayah kecamatan lainnya, diantaranya lapangan Ibrahim Aji Kecamatan Cikajang, Kecamatan Pamulihan dan Lapang Ngamplang Kecamatan Cilawu.

Selain itu, kata Iman, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa sarana penunjang seperti landasan helikopter, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, ambulance, dump truck, dan sarana lainnya jika sewaktu-waktu diperlukan

Editor: Sonny Budhi Ramdhani  |  Sumber: Tribun Jabar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar