Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Rabu, 29 Juni 2011

Konferensi Teheran Tamparan Bagi AS





REPUBLIKA.CO.ID,Kesuksesan pelaksanaan Konferensi Internasional Melawan Terorisme dan pertemuan para pemimpin negara tetangga Iran di Teheran, mendapat sorotan luas media-media regional dan internasional.


Koran AS, Wall Street Journal, Senin (27/6) menilai sejumlah kesepakatan antara Iran, Irak, Pakistan dan Afghanistan dalam pertemuan Teheran sebagai pukulan bagi Amerika Serikat.
Ditambahkannya, pelaksanaan konferensi Tehran dan partisipasi pemimpin Irak, Pakistan dan Afghanistan adalah upaya Tehran untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara, yang masuk dalam kategori sekutu regional Amerika.
"Upaya Iran di tengah pembahasan penarikan bertahap pasukan Amerika dari Afghanistan dan Irak, bertujuan untuk memainkan peran yang lebih penting di kawasan," tulisnya.
"Pertemuan Mahmoud Ahmadinejad dengan Jalal Talabani, Asif Ali Zardari dan Hamid Karzai, merupakan tamparan bagi Amerika. Karena, Washington tengah meningkatkan kompetisinya dengan Teheran, terlebih setelah kebangkitan rakyat di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara," tambahnya.
Afghanistan menyambut penarikan 33 ribu pasukan AS di negara itu sepanjang 15 bulan mendatang. Sementara rakyat Irak juga menuntut penarikan pasukan AS sesuai kesepakatan Baghdad-Washington.
Di Pakistan, sentimen anti-Amerika semakin meningkat menyusul serangan rutin pasukan AS ke kawasan adat dan operasi sepihak pasukan komando negara adidaya itu ke wilayah Pakistan.

Redaktur: Krisman Purwoko
Sumber: IRIB/RM/NA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar