Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 27 Desember 2012

Waspada! Ini Potensi Bencana di Indonesia Hingga Februari 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca ekstrem masih menghantui Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya sampai awal tahun depan. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, hujan disertai angin puting beliung akan terjadi hingga Februari 2013.

Agung mengingatkan curah hujan tinggi ini hampir merata di seluruh Indonesia. Ia pun meminta seluruh warga meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman bencana mengingat curah hujan sedang tinggi-tingginya.

Pemerintah, jelas Agung, mendapat laporan bahwa cuaca ekstrem berpotensi diikuti bencana banjir, tanah longsor, dan angin puyuh. Di beberapa daerah, banjir dan tanah longsor sudah menelan korban jiwa manusia. ''Kita berupaya mencegah korban jiwa,'' kata politisi Partai Golkar ini, Rabu (26/12).

Perihal banjir di Jakarta, Agung mengakui pemerintah pusat tak bisa menghilangkannya. Tapi, ia berjanji pemerintah mampu menangani banjir itu dan mencegah jatuh korban jiwa. Dari data yang ia paparkan, tercatat sepanjang 2012 terjadi 4.291 bencana banjir.

Menko Kesra kemarin memimpin rapat koordinasi tingkat menteri perihal bencana alam. Hadir dalam rakor itu Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Syamsul Maarif, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro Budiato, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar