Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 27 Desember 2012

Inilah Penyebab Jakarta Selalu Banjir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNBP Sutopo Purwo Nugroho berpendapat, pembangunan di Jakarta terus memakan lahan yang seharusnya menahan banjir. Ia mencontohkan dataran banjir seluas 24 ribu hektare di Jakarta Utara telah berubah menjadi permukiman dan industri.

Masalahnya lebih luas lagi, kata Sutopo, karena sistem pengendali banjir di Jakarta dibangun untuk rencana jangka panjang 3-100 tahun ke depan. Sementara, sistem drainasenya untuk sepuluh tahun ke depan. Tapi, yang terjadi saat hujan deras, kata dia, ternyata kondisi eksistingnya jauh dari rencana awal.

Sutopo menilai, tiap tahun selalu ada upaya struktural dan nonstruktural untuk mengatasi banjir. Hanya saja, upaya tersebut kalah cepat dibandingkan dengan laju penyebab timbulnya banjir.

Kondisi ini diperparah dengan kemampuan alur sungai yang turun drastis. Sungai Ciliwung, misalnya, kini kekuatan alur sungainya tinggal 17,5 persen, sementara Sungai Pesanggrahan hanya 20,7 persen. ''Jadi bukan hal aneh jika terjadi banjir karena kemampuan mengaruskan debit banjir lebih kecil daripada limpahan yang ada,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar