Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 14 Desember 2012

Peluncuran Roket Dikecam, Pemimpin Korut: Lanjutkan!

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL, KOREA SELATAN -- Meski dihujani kecaman, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memerintahkan peluncuran satelit yang dilakukan negaranya terus dilanjutkan.
Hal ini ia sampaikan dua hari setelah roket jarak jauh yang diklaim sukses diluncurkan Pyongyang menyulut amarah sejumlah negara.
Kim, yang mengawasi peluncuran roket pada Rabu (12/12), mengatakan, keberhasilan itu menggarisbawahi pentingnya "pengembangan sains, teknologi dan ekonomi negara", demikian dilansir Kantor Berita Korean Central News Agency (KCNA).
Kim mengeluarkan perintah tertulis final bagi peluncuran Rabu pagi itu dan mengawasi seluruh proses tersebut, kata KCNA.
Dengan menempatkan sebuah satelit di orbit, Korea Utara "semakin mengukuhkan status DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea) sebagai sebuah kekuatan antariksa dan menunjukkan bahwa negara itu mencapai tingkat tertinggi dalam hal sains dan teknologi mutakhir", kata KCNA mengutip Kim.
Peluncuran itu "menunjukkan di dalam dan luar negeri sikap tak tergoyahkan... untuk melaksanakan hak sah negara menggunakan antariksa bagi tujuan damai", kata Kim.
Menurut para analis, simbolisme peluncuran itu merupakan faktor motivasi utama bagi Korea Utara ketika Kim muda, yang belum mencapai usia 30 tahun, memperkokoh kepemimpinannya setahun setelah kematian ayahnya, Kim Jong-Il, pada 17 Desember 2011.
Pada April, peluncuran roket Korea Utara Unha-3 berakhir dalam kegagalan memalukan ketika alat pembawanya meledak tak lama setelah lepas landas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar