Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Rabu, 26 Desember 2012

PBB Akhirnya Bertindak soal Nasib Muslim Rohingya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi terkait kekerasan komunal yang menyeret etnis Buddha Arakan dan Muslim Rohingya dalam gelombang pembantaian terstruktur di Negara Bagian Rakhine beberapa waktu lalu. Bersama resolusinya, PBB mendesak Myanmar memberikan status kewarganegaraan penuh bagi etnis Muslim Rohingya.

"PBB mengekspresikan keprihatinan khusus terhadap etnis minoritas Rohingya di Rakhine (Maynmar)," demikian bunyi resolusi yang disetujui 193 negara anggota.

Sidang yang dilakukan di markas besar PBB di New York, AS itu juga memberikan garis tegas kepada pemerintahan di Naypyitaw mengambil tindakan perbaikan, dan mewajibkan negara tersebut melindungi semua etnis. "Termasuk hak Rohingya untuk mendapatkan kewarganegaraan secara sah," lanjut resolusi, seperti dilansir Reuters, Selasa (25/12).

Reuters mengatakan PBB telah mendapat laporan dari sumber independen. Sumber itu melaporkan adanya peran pasukan keamanan setempat dalam serangkaian aksi kejahatan, seperti pemerkosaan, pembunuhan dan penculikan terhadap Muslim Rohingya, yang terjadi periode Mei dan Juni silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar