Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Minggu, 07 Oktober 2012

Turki Unjuk Kekuatan di Perbatasan dengan Suriah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kendaraan militer Angkatan Bersenjata Turki (TSK) dikerahkan di Turki tenggara di sepanjang perbatasan dengan Suriah pada Sabtu, kata kantor berita setengah resmi Aanatolia.

Kendaraan dikirim ke kota Suruc, provinsi tenggara Sanliurfa termasuk sejumlah besar tank dan sistem pertahanan rudal, menurut laporan tersebut.

Turki dan Suriah telah bertukar tembakan sporadis di perbatasan selama empat hari setelah bom mortir dari sisi Suriah jatuh Rabu di kota perbatasan Turki Akcakale di Provinsi Sanliurfa dan menewaskan lima orang Turki.

Pemerintah Turki mengatakan Rabu dalam satu pernyataan bahwa "Angkatan bersenjata kita di wilayah perbatasan telah memberikan respon yang diperlukan sesuai dengan aturan keterlibatan target di Suriah, yang dideteksi oleh radar, ditembak dengan penembakan."

"Turki tidak akan pernah tetap responsif terhadap hal-provokasi rezim Suriah dalam kerangka aturan keterlibatan dan hukum internasional," kata pernyataan itu.

Dalam sidang darurat pada Kamis, parlemen Turki menyetujui mosi untuk menggelar operasi lintas-perbatasan militer di Suriah.

Ankara telah mengeluh tentang limpahan tembakan artileri Suriah dan tembakan ke wilayahnya, dan pekan lalu telah mengatakan akan bertindak jika serangan mortir diulang dari Suriah.

Turki, pernah menjadi sekutu Presiden Suriah Bashar al-Assad tetapi sekarang suara terkemuka mendesak kejatuhannya, tempat penampungan lebih dari 90.000 pengungsi Suriah dan telah dilaporkan menyediakan pemimpin pemberontak militer Suriah dengan persembunyiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar