Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Sabtu, 08 September 2012

Inilah Harapan Prancis untuk Penanganan Krisis Yunani dan Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL---Prancis menginginkan Uni Eropa menemukan solusi untuk Yunani dan Spanyol yang didera utang pada Konferensi Tingkat Tinggi Uni Eropa bulan depan, Keuangan Menteri Prancis Pierre Moscovici mengatakan di Brussels.
"Dalam jangka pendek, kita harus mengatasi masalah di atas meja," katanya setelah kunjungan kerja di sana.
Presiden Prancis Francois Hollande ingin menemukan "solusi yang kuat dan struktural", ia menambahkan.
"Idealnya, kita harus mampu untuk melakukan itu di Dewan Eropa berikutnya."
Para pemimpin Uni Eropa dijadwalkan akan berkumpul di markas Uni Eropa di Brussels pada 18-19 Oktober, ketika dana talangan (bailout) untuk Yunani dan Spanyol diperkirakan akan mendominasi pembicaraan.
"Tidak ada untuk kehilangan waktu," kata Moscovici, mengindikasikan nasib kedua negara tersebut. "Ketidakpastian adalah musuh utama pertumbuhan."
Yunani telah memohon lebih banyak waktu untuk melaksanakan pemotongan pengeluaran 11,6 miliar euro (14,4 miliar dolar AS) diwajibkan dalam pertukaran untuk pinjaman penyelamatan.
Apakah itu mendapat waktu tambahan akan tergantung pada temuan oleh apa yang disebut "troika" dari kreditor internasional - Uni Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Sentral Eropa (ECB).
Mereka akan mengunjungi Yunani untuk memeriksa kemajuan dalam membuat pemangkasan yang diperlukan sebagai imbalan untuk dana talangan dan diharapkan dilaporkan kembali pada akhir bulan atau awal Oktober.
Spanyol, perekonomian terbesar keempat di zona euro, yang saat ini dengan krisis keuangan mendorong dana penyelamatan zona euro untuk bank-banknya sebesar 100 miliar euro (126 miliar dolar AS).
Tetapi pada Kamis, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy bersikeras ia tidak meminta otoritas Eropa untuk sebuah dana talangan negara.
"Ketika saya punya berita, saya akan membiarkan Anda tahu," katanya kepada wartawan di Madrid setelah bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel.
Kepala Bank Sentral Eropa Mario Draghi pada Kamis mengumumkan sebuah rencana untuk membeli obligasi pemerintah besar-besaran, mengalahkan penentangan Jerman untuk melepaskan apa yang disebut "big bazooka" terhadap krisis utang Eropa.
Rencana tersebut dirancang untuk menurunkan melonjaknya biaya pinjaman, yang negara-negara didera krisis seperti Yunani dan Spanyol mengatakan, mencegah mereka dari mendapatkan kembali pada pijakan mereka.
Bursa saham di seluruh Eropa melonjak dan biaya pinjaman Spanyol dan Italia jatuh karena berita dari rencana tersebut.
Moscovici menyambut inisiatif ECB, dengan alasan bahwa menyelamatkan euro bagian dari misi bank, katanya.
"Saya menyambut visi yang dikembangkan oleh Tuan Draghi," lanjutnya, menambahkan bahwa sekarang saatnya bagi negara-negara anggota untuk mendukung visi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar