Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 20 Juli 2012

Perhitungan Tionghoa: Puasa Mulai Jumat

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Berdasarkan perhitungan petunjuk rotasi waktu, bulan, musim dan tahun yang tertulis pada buku Tong Shu maupun buku Yi Ging, puasa di hari pertama jatuh pada tanggal 2 bulan ke 6 penanggalang Imlek 2563 atau bertepatan hari Jumat, 20 bulan 7 tahun penanggalang 2012 Masehi.

Menurut Ketua Yayasan Islam Tionghoa Indonesia (YISTI), Moehammad Aritanto (Chen Quo Hwa), buku Tong Shu maupun buku Yi Ging adalah buku kuno petunjuk perhitungan waktu, musim, bulan dan tahun yang dipedomani secara turun temurun warga Tionghoa di seluruh dunia dan tak pernah meleset sekalipun. Buku ini terbit jauh sebelum tahun Masehi.

Perhitungan waktu, musim, bulan dan tahun dalam rotasi Bumi yang ditulis dalam buku Tong Shu dan buku Yi Ging menegaskan bahwa perputaran waktu, musim, bulan dan tahun berdasarkan penanggalang Imlek.

Dikenal istilah LUN atau bulan yang kembar berturut-turut pada Imlek 2563 atau tahun Naga Air 2012 ini, bulan yang kembar baru-baru ini adalah bulan kelima berdasarkan penanggalang Imlek Tionghoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar