Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Senin, 11 Juni 2012

Pembuatan Kapal Selam Israel dari Jerman Dirahasiakan di Kiel

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu proyek paling rahasia di Barat yang pernah ada, berlangsung di Kiel, bagian utara Jerman. Dalam kota itu terjadi ikatan khusus antara orang Jerman dan Israel terbentuk.


Sekitar setengah lusin staf Israel bekerja di galangan kapal hari ini untuk jangka panjang. Beberapa dari mereka sangat dekat dan bahkan membentuk hubungan antara keluarga Israel dan keluarga teknisi HDW.

Namun terlepas dari pertemanan itu, Israel selalu memastikan tidak ada orang luar dizinkan dekat-dekat kapal selam. Bahkan manajer dari Thyssen-Krupp, yang membeli HDW pada 2005 ditolak aksesnya.

Tujuan utama semua orang terlibat ialah demi memastiakn tidak ada debat publik mengenai proyek itu, baik di Israel atau di Jerman," ungkap mantan kepala Angkatan Laut Israel, Ayalon. Ini menjelaskan mengapa semua terkait peralatan kapal selam tetap tersembunyi di balik tabir rahasia.

Salah satu fitur khusus dalam peralatan yang digunakan dalam kapal selam kelas Dolphin, dinamai sesuai dengan julukan kapal pertama. Tak seperti kapal selam pada umumnya, Dolphin tak sekadar memiliki tabung torpedo berukuran 533 milimeter .

Memenuhi permintaan khusus Israel, teknisi dan insinyur HDW mendesain empat tabung tambahan dengan ukuran 650 milimeter--desain spesial yang tidak ditemukan di kapal selam mana pun di dunia Barat.

Apa tujuan dari tabung-tabung besar itu? Dalam memo rahasia 2006, pemerintah Jerman berpendapat, bahwa tabung-tabung itu adalah pilihan untuk kontainer dalam transfer pasukan khusus sekaligus ruangan penyimpanan peralatan bebas tekanan, contoh perenang tempur, yang bisa dilepas lewat bukaan sempit untuk operasi rahasia. Penjelasan setali tiga uang juga didapat dari versi Israel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar