Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Rabu, 02 Mei 2012

Kronologi Kebakaran Bus Tewaskan 13 Orang di Payakumbuh


TRIBUNNEWS.COM, PAYAKUMBUH - Sebanyak 13 orang tewas terpanggang dalam musibah kebakaran yang menimpa bus Yanti Grup di Jorong Hulu Aie, Kenagarian Aie Putiah, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (1/5/2012) pukul 4.30 subuh.

Ke-13 korban tewas yakni Yasnimar, Dariman, Rizki, Nurhayati, Rusida, Yusnina, Sunita, Ali Surdani, Randi Kurniawan, Rezi Kurniawan, Sasri, Safero, dan Deni. Selain itu, 11 orang mengalami luka bakar yang sampai sekarang masih mendapat perawatan.
Berikut kronologi kebakaran bus Yanti Grup:
Bus Yanti awalnya melesat di jalan lintas Sumatera Barat - Riau, persisnya di jorong Hulu Aie, Selasa subuh. Kebakaran bermula saat percikan api muncul dari sekring yang berada di sebelah kiri kursi sopir. Percikan itulah yang menyebabkan kebakaran.
Saat api membesar, sopir dan kernet langsung melompat keluar. Sementara, penumpang berebutan menyelamatkan diri. Beberapa dari mereka memecahkan kaca dan melompat melalui jendela bus.
Sementara penumpang yang lainnya berlari ke arah belakang bus, sebab api makin membesar di bagian depan. Sayangnya, pintu bagian belakang terkunci, tak hanya itu, tumpukan barang dan ban serep juga menghambat penumpang untuk keluar. "Makanya, korban tewas bertumpuk di bagian belakang bus," sebutnya.
Kernet Bus Yanti, Hasbi kepada Tribun mengatakan, sebelum api membakar bus, kepulan asap sempat membumbung dari mesin di bagian depan. Melihat kepulan asap, Yendri sang sopir, langsung mematikan mesin. Ia membiarkan bus melaju pelan hampir sekitar 500 meter. Saat bus bergerak pelan itulah api langsung muncul. (tribun pekanbaru/(nal/hnk/theo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar