Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 20 April 2012

AS Tuduh Haqqani Dalangi Serangan di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Jaringan Haqqani yang bermarkas di Pakistan dituding harus bertanggung jawab atas serangkaian serangan di Afghanistan pekan ini. Islamabad pun didesak untuk mengambil tindakan terhadap mereka.

Dalam serangan-serangan sepekan terakhir ini, sejumlah kelompok kecil militan menembaki kantor-kantor pemerintah, kedutaan besar dan pangkalan militer asing. Serangan-serangan tersebut mencakup serangan terbesar terhadap Kabul dalam perang 10 tahun.
"Kami memastikan bahwa jaringan Haqqani bertanggung jawab atas serangan-serangan ini," kata Duta Besar AS untuk Afghanistan, Ryan Crocker, kepada wartawan di Kabul. "Kami tahu di mana pemimpin mereka tinggal dan kami tahu di mana rencana-rencana ini dibuat. Itu tidak dibuat di Afghanistan. Itu dibuat di Miranshah, Waziristan Utara, Pakistan.''
AS mendesak pihak Pakistan bertindak tegas dalam hal ini. Pakistan betul-betul harus mengambil tindakan.
Islamabad membantah mendukung kegiatan Haqqani. Namun mantan pemimpin militer AS, Laksamana Mike Mullen, menyebut jaringan itu sebagai 'lengan' dari badan intelijen Pakistan.

Pada September tahun lalu, para pejabat AS menuduh jaringan yang bersekutu dengan Taliban itu melancarkan serangan serupa terhadap Kedutaan Besar AS di Kabul. Mereja juga melancarkan bom truk terhadap pos terdepan NATO pada bulan yang sama. Aksinya tersebut mencederai lebih dari 70 prajurit AS.
Dalam serangan pada Ahad, gerilyawan menyusup ke Kabul dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka mengambil posisi strategis di tiga lokasi. Gerilyawan tersebut kemudian menembaki kantor-kantor pemerintah, kedutaan besar dan pangkalan militer asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar