Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 30 September 2011

Mengirit Ongkos, 11.500 Muslim Rusia Pergi Berhaji Mengendarai Mobil

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Musim haji menjelang. Di Rusia, kaum Muslim pun siap menyambut datangnya bulan Dzulhijah. Mereka mempersiapkan diri untuk melepas sanak saudaranya yang hendak menunaikan rukun Islam kelima itu.

Tahun ini, jumlah jamaah haji berdasar permohonan visa ke Kedutaan Arab saudi di Moskow sebanyak 20.500 jamaah. Sebagian besar, berasal dari Dagestan, wilayah dimana jumlah Muslim cukup banyak.

Menurut Gennady Onischenko, seorang dokter, kondisi calon jamaah dipastikan prima sebelum berangkat ke Tanah Suci. Mereka akan mulai berangkat besok hingga 1 November mendatang, dan pulang antara tanggal 10 November hingga 25 Desember. "Kebanyakan pergi dengan mengendarai mobil," katanya pada media Interfax.

Menurutnya, calhaj yang berangkat mengendarai mobil sebanyak 11.500 orang. Alasannya, biayanya bisa ditekan lebih murah. Sisanya, menggunakan pesawat terbang.

Dokter Muslim, akan menyertai setiap rombongan yang berangkat. "Semoga perjalanan lancar dan tak ada kendala yang berarti," harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar