Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Rabu, 28 September 2011

Gunung Pangonan Dieng Kebakaran





TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA - Lahan semak dan pepohonan di Gunung Pangonan, Dataran Tinggi Dieng Desa Karangtengah Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah dilanda kebakaran.
Api yang membakar lahan seluas 20 hektare baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 dinihari tadi.
Kepala Desa Karangtengah, Nasrulloh mengatakan kebakaran tersebut kalipertama diketahui sekitar pukul 10.00 pada Selasa (27/9/2011). Api dengan cepat membakar semak kering yang berada di gunung dekat obyek wisata Telaga Merdada.
"Api sulit dipadamkan karena angin bertiup kencang. Pemadaman dilakukan secara gotong royong oleh warga dan polisi dengan alat sederhana," kata Nasrulloh saat dihubungi Rabu (28/9/2011) pagi.
Ia menambahkan kebakaran tersebut tidak menimbulkan kerugian materi maupun jatuhnya korban jiwa. Hanya saja, Nasrulloh mengkhawatirkan dampak hangusnya pepohonan di sekitar telaga dapat mempengaruhi debit air di telaga yang sudah menyusut. Padahal para petani kentang di Dataran Tinggi Dieng menggantung air dari telaga tersebut untuk menyirami lahan.
"Air telaga sekarang susut separohnya. Kami khawatir hangusnya pepohonan di kawasan telaga menjadi berkurangnya resapan air," lanjut Nasrulloh.
Ditanya soal penyebab kebakaran, Nasrulloh mengatakan belum diketahui pasti. Namun ia mengatakan ada dugaan terjadi karena unsur kelalaian.
Kebakaran Gunung Pangonan yang terjadi kemarin hingga semalam merupakan kejadian dalam 10 tahun terakhir. Sebelumnya, kebakaran gunung di Dataran Tinggi Dieng pernah menghanguskan pepohonan di Gunung Nagasari.

Editor: Prawira Maulana  |  Sumber: Tribun Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar