Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Rabu, 16 Januari 2013

Indonesia Sangat Kekurangan Tenaga Dokter

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Keberadaan dokter sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Namun ternyata, Indonesia hingga kini masih kekurangan tenaga dokter. Tak hanya itu, penyebarannya pun belum merata di semua daerah.

''Perbandingan dokter dengan masyarakat saat ini belum seimbang,'' ujar Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Ghufron Mukti, di sela-sela peresmian gedung pendidikan profesi dokter di RSUD Waled, Kabupaten Cirebon, Selasa (15/1).

Ali menyebutkan, jumlah dokter umum saat ini mencapai 80 ribu orang. Itu berarti, satu orang dokter harus melayani 3 ribu jiwa.

Menurut Ali, jika dibandingkan dengan Malaysia, jumlah dokter di Indonesia juga masih jauh lebih rendah. Di negeri jiran tersebut, satu orang dokter melayani 1.100 jiwa.

Tak hanya kekurangan dokter, lanjut Ali, penyebaran dokter di Indonesia juga belum merata. Saat ini, keberadaan dokter lebih banyak di perkotaan dibandingkan di pedesaan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kata Ali, pihaknya berupaya mencetak dokter-dokter baru yang berkualitas. Dia pun berharap, upaya tersebut didukung oleh perguruan tinggi.

Ali menyatakan, para dokter itu nantinya diwajibkan untuk bekerja dan menjadi dokter mandiri selama setahun. Para dokter itupun akan diberikan insentif dari pemerintah senilai Rp 1,2 juta per bulan. ''Para dokter baru itu ditempatkan di rumah sakit tipe C dan D serta di puskesmas,'' tegas Ali.

Ali menambahkan, selain mengupayakan munculnya dokter baru, pemerintah juga berusaha menyebar para dokter ke daerah terpencil. Saat ini, pemerintah sudah memiliki program dokter Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), yang terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis. ''Para dokter DTPK juga diberikan insentif,'' tutur Ali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar