Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Sabtu, 01 September 2012

Lampung Barat Disenggol Gempa 4,3 SR

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 4,3 Skala Richter, di Liwa, Kabupaten Lampung Barat, Lampung, Jumat (31/9) pukul 21.25 WIB. Warga diimbau tetap tenang dan melakukan antisipasi yang diperlukan

Kepala Stasiun Geofisika Kotabumi, Lampung, Chrismanto, menyatakan lokasi gempa itu berada pada koordinat 4.86 derajat Lintang Selatan (LS) dan 103.99 derajat Bujur Timur (BT) yaitu 22,23 km dari Liwa, Lampung Barat. Kedalaman pusat gempa (episentrum) 10 km.

Sebelumnya, BMKG juga telah menyebarluaskan informasi adanya gempa 7,9 SR, di Kepulauan Filipina, 10.83 derajat Lintang Utara (LU) dan 126.68 derajat Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 34 km, Jumat sekitar pukul 19.47 WIB (12.47 UTC).

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami untuk Filipina, Indonesia, dan Pelau. BMKG telah menyampaikan informasi kepada Posko BNPB adanya potensi tsunami level siaga di Sorong dan Raja Ampat, Papua.

Tsunami diperkirakan terjadi di Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat pada pukul 23.00 WIT. Posko BNPB telah menyampaikan potensi tsunami kepada BPBD Sulawesi Utara, BPBD Maluku Utara, dan BPBD Papua Barat, agar masyarakat menjauhi pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar