Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Sabtu, 01 September 2012

Cuma Satu Polwan yang Jadi Kapolsek di Sumut

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Total polisi wanita (polwan) yang bertugas di Polda Sumatera Utara (Sumut) berjumlah 632 orang. Jumlah itu terhitung hingga Agustus 2012.

Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Polda Sumut AKBP Rauli Siahaan menjelaskan, dari jumlah tersebut, hanya satu polwan yang menjabat sebagai kapolsek, yakni Kompol Widia Budi Hartati, Kapolsek Binjai Utara.
Sementara, dua polwan yang menjabat sebagai Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) di dua polres adalag AKP Nuraini Manalu (Kasat Lantas Polres Tebing), dan AKP Sri Pinem (Kasat Lantas Polres Deli Serdang).
Lebih rinci lagi, ada 53 polwan setingkat perwira menengah (Pamen) di Polda Sumut, 103 personel perwira pertama (Pama), dan 476 Bintara.
Di Mapolda Sumut, ada beberapa jabatan penting yang dijabat oleh polwan.
"AKBP Juliana Situmorang menjabat Kasubdit Renakta Ditreskrimum, dan saya sendiri sebagai Kepala Sekretariat Umum Polda Sumut," tutur Rauli di Mapolda Sumut, Jumat (31/8/2012).
Perwira berpangkat melati dua menuturkan, sama halnya dengan polisi laki-laki (polki), sebagai polwan mereka juga harus siap selama 24 jam.
Sementara, menyambut HUT ke-64 Polwan hari ini, Sabtu (1/9/2012), Polda Sumut akan menggelar sejumlah rangkaian acara, dan beberapa perlombaan sesuai instruksi dari Mabes Polri.
AKBP Julni Erma, ketua panitia perayaan HUT ke-64 Polwan di Mapolda Sumut mengungkapkan, pihaknya bakal menggelar serangkaian kegiatan pada HUT yang bertema 'mengoptimalkan potensi polwan untuk mewujudkan organisasi berkelas dunia'.
"Polwan akan mengatur lalu lintas selama lebih kurang lima hari. Ada juga lomba pidato Bahasa Inggris, lomba membuat nasi tumpeng, dan lomba kampanye anti kekerasan," terang AKBP Julni.
Polwan akan mulai bertugas mengatur lalu lintas pada Senin (3/9/2012) mendatang.
"Polwan akan ada di persimpangan untuk mengatur lalu lintas, khususnya di persimpangan yang rawan kemacetan. Kami juga akan memberi bunga kepada setiap pengendara yang melintas. Polwan akan bertugas pada pagi hari saja," paparnya.
Kemudian, pemenang juara lomba pidato berbahasa Inggris, akan dikirim ke Jakarta untuk mewakili acara pertemuan polwan se-Asia, di mana tuan rumahnya adalah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar