Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Minggu, 13 November 2011

Penderita HIV/AIDS di Manado Capai 350 Orang





TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Manado Umar Mato mengatakan hingga triwulan keempat 2011, jumlah warga yang positif HIV/AIDS di Manado mencapai 350 orang.

"Semakin meningkatnya penderita AIDS di Manado, karena banyak temuan orang yang sebelumnya positif HIV sudah lama hilang, setelah diperiksa kembali sudah AIDS," ujar Umar, Sabtu (12/11/2011).
Mato menambahkan, hal ini didukung pula semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap HIV/AIDS, sehingga keinginan memeriksakan diri semakin besar. "Pemeriksaaan HIV/AIDS dapat dilakukan ditiga rumah sakit yang membuka pelayanan yakni RSU DR Kandou, RSU Ratumbuysang dan RSAD Wolter Mongisidi," ungkapnya.
Dalam waktu tiga bulan ini ada penambahan enam orang yang dinyatakan terinfeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut. " Di Manado yang positif terinfeksi HIV sebanyak 112 penderita dan AIDS sebanyak 239 penderita. Mereka semua berada dalam pengawasan KPA Manado dan terus mendapat dukungan serta obat jenis ARV, untuk menekan pertumbuhan virus tersebut," katanya.
Berdasarkan data yang ada saat ini, penderita HIV/AIDS kebanyakan dari golongan heteroseksual, karena itu mengingatkan agar masyarakat menyadari pentingnya menggunakan kondom dalam berhubungan intim.
"Kami juga melakukan sosialisasi secara terus-menerus mulai dari kecamatan hingga kelompok masyarakat tertentu seperti sekolah dan organisasi kemasyarakatan," katanya.
Terpisah Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan mengatakan Pemko Manado sangat mendukung upaya KPA Manado dalam melakukan berbagai kegiatan penanggulangan HIV/AIDS, mulai dari dukungan dana hingga pikiran.
"Dalam setiap kegiatan sosialisasi pencegahan penularan HIV/AIDS pemerintah melalui camat maupun lurah ikut membantu termasuk TP PKK," ungkapnya.
Untuk dukungan dana yang diberikan KPA Manado dalam melaksanakan semua programnya telah menghibahkan dana sebesar Rp 125 juta untuk tahuan 2011 dan pada 2012 mendatang kembali akan dianggarkan.

Editor: Anwar Sadat Guna  |  Sumber: Tribun Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar