Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 27 Oktober 2011

Lokon Meletus Lagi! Ibu Hamil hingga Manula Mengungsi


TRIBUNNEWS.COM, TOMOHON  - Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (26/10/2011) meletus dua kali. Letusan kali ini terjadi dua kali yakni pada pukul 17.19 Wita dan 17.30 Wita. Letusan pertama memuntahkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 1.200 meter, sedangkan letusan kedua hanya 500 meter.

Tak ada awan panas. Namun letusan sempat mengejutkan dan membuat panik warga Kota Tomohon, terutama mereka yang tinggal di daerah rawan pusat aktivitas gunung di Kawah Tompaluan yakni Kakaskasen I, Kinilow, Kinilow I hingga Tinoor.
Kepanikan muncul ketika warga mendengar bunyi menggelegar berturut-turut sebanyak dua kali. Selain bunyi dentuman keras itu, akibat letusan tersebut, ratusan rumah warga juga bergetar hebat. Suara seng dan kaca akibat getaran terdengar jelas.
Selain abu vulkanik, material lain yang dimuntahkan juga adalah batu pijar sejauh sekitar 500 hingga 800 meter. Akibat lontaran batu tersebut, sempat terjadi kebakaran alang-alang di sekitar kawah.
Warga kelompok rentan seperti ibu hamil, balita, lanjut usia hingga orang sakit terpaksa diungsikan oleh pemerintah setempat hingga radius tiga kilometer, untuk mengantisipasi bahaya yang tak diinginkan.
Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon, Farid Bina mengatakan, letusan terjadi di dahului dengan supply energy cukup besar yang ditandai dengan gempa tremor dan vulkanik sejak malam, lebih dari dua ratus kali. "Meski terjadi letusan, status Gunung Lokon belum ditingkatkan, masih tetap Level III atau siaga," jelas Farid kepada Tribun Manado.
Ia berharap masyarakat tetap waspada dan tak melakukan aktivitas di radius bahaya yakni 2,5 kilometer karena letusan susulan masih mungkin terjadi lagi. "Supply energy tetap ada, amplitudo tremor masih maksimal. Jadi masyarakat dilarang  beraktivitas di sana," tuturnya.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom  |  Sumber: Tribun Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar