Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Senin, 19 November 2012

Pencuri Babak Belur berkat Kecerdikan Korban

TRIBUNJOGJA.COM , PURWOREJO - Menjadi korban tindak kejahatan tidak boleh pasrah begitu saja.
Dengan sekuat tenaga mengerahkan daya dan upaya, tindak kejahatan bisa diatasi dengan kecerdikan.
Itulah yang dilakukan Misyono (45), warga Dusun Pejanten, Desa Jatiwangsan, Kecamatan Kemiri, Purworejo.
Mengetahui motornya dilarikan pencuri, ia sekuat tenaga mengejar pelaku dengan bantuan rekannya. Akibatnya, pelaku tidak hanya dapat diringkus, namun juga babak belur dihakimi massa.
Si pelaku, EP (25), warga Desa Wonoenggal, Kecamatan Grabag, babak belur dihajar warga setelah kepergok melakukan tindak pencurian sepeda motor milik Misyono, pada Minggu (18/11/2012).
Pelaku akhirnya diringkus warga di Desa Kluwung, Kecamatan Kemiri, saat berupaya membawa kabur sepeda motor hasil curian.
Warga yang geram membabi buta menghajar pelaku. Bahkan warga sempat menyiram bensin ke tubuh pelaku. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebagian warga mengamankan pelaku ke rumah kepala Desa Wirun.
Informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jogja, tindak pencurian tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu korban yang diketahui berprofesi sebagai penjual pisang tengah mencari rumput di areal persawahan desa setempat.
Sepeda motor miliknya ia letakkan begitu saja di tanggul sungai irigasi di dekat persawahan.
"Kata dia kuncinya tertinggal di sepeda motor jadi pelaku leluasa membawa kabur motor itu. Di sepeda motor itu juga masih ada kreyeng yang biasanya untuk menaruh rumput," terang Sekdes Jatiwangsan, Minto Suroyo.
Berdasarkan informasi yang diperoleh, pelaku datang ke lokasi persawahan berboncengan menggunakan sepeda motor dengan seorang temannya. Namun hingga saat polisi belum mengetahui identitas dan keberadaan satu pelaku yang berhasil kabur.
"Pak Mis tahu jika sepeda motornya diambil orang, ia lantas menelepon teman yang bekerja di bengkel SIJJI. Lokasi bengkelnya memang sesuai dengan arah kabur pelaku," terang Minto.
Minto melanjutkan, pegawai bengkel mengetahui jika pelaku kabur ke arah Kemiri, kemudian ia menghubungi Parman, seorang temannya yang tinggal di Desa Kluwung, Kecamatan Kemiri.
"Pak Parman itu lantas menghubungi teman-temannya dan melakukan penghadangan di jalan. Benar saja pelaku yang melintasi jalan itu berhasil diringkus. Namun saat itu pelaku hanya seorang diri," terangnya.
Peristiwa penangkapan pencuri itu menggemparkan warga sekitar. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, warga mengamankan pelaku di rumah Kades Wirun, untuk menunggu kedatangan pihak kepolisian.
Selang dua jam pelaku berhasil diamankan polisi dan dibawa ke Polres Purworejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar