Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 25 Mei 2012

Steven Gerrard Kapten Tiga Singa

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jabatan kapten tim nasional (timnas) Inggris selama ini selalu ramai menjadi perbincangan akan siapa yang pantas mengenakannya. Namun Roy Hodgson, pelatih timnas Inggris, sudah menjatuhkan pilihannya pada Steven Gerrard.


Hodgson memutuskan Gerrard akan memimpin rekan-rekannya di Piala Eropa 2012. Ia lebih memilih kapten Liverpool itu ketimbang bek Chelsea, John Terry, dan juga gelandang Tottenham Hotspur, Scott Parker.
Sementara bek Manchester United, Rio Ferdinand, keluar dari peta persaingan karena tidak masuk dalam skuat pilihan Hodgson. Sekarang ban kapten itu sudah dipastikan jatuh ke tangan Gerrard.

“Saya mengenalnya sebagai pemain dan juga pribadi. Saya mengetahui bagaimana komitmennya terhadap (timnas) Inggris”, ujar Hodgson seperti dilansir BBC Sport.
Hodgson tentu mengenal sosok Gerrard karena pernah secara langsung membesutnya ketika masih menjadi pelatih Liverpool semusim silam. Karena itu, ia tidak ragu untuk memberikan ban kapten pada gelandang berusia 31 tahun itu.
Bukan Pertama
Gerrard tentu saja bukan nama asing di tubuh skuat 'Tiga Singa' --julukan bagi timnas Inggris. Pemain kelahiran Whiston ini sudah melakukan debut saat usianya masih 20 tahun pada Mei 2000. Semenjak itu, Gerrard sudah turun dalam 90 laga bersama Inggris dan turun dalam beberapa turnamen internasional.
Tugas kapten pun bukan kali pertama diemban Gerrard. Sebelumnya, ia sudah 15 kali memimpin the Three Lions ketika berlaga.

Sebelum jatuh ke tangan Gerrard, ban kapten sempat singgah pada Parker. Caretaker timnas Inggris, Stuart Pearce, menunjuk gelandang Tottenham itu memimpin timnya dalam laga persahabatan melawan Belanda pada Februari silam. Parker mendapatkannya setelah Federasi Sepakbola Inggris (FA) mencabut ban kapten dari Terry karena diduga melakukan tindakan pelecehan rasial pada adik Rio Ferdinand yakni Anton Ferdinand.

Ketimbang Parker, Gerrard memang lebih berada dalam kondisi fit untuk bermain di Piala Eropa 2012. Sedangkan, Parker saat ini tengah mengalami masalah tendon achilles pada pergelangan kakinya. Bahkan, Hodgson masih meragukan mantan pemain West Ham United itu bisa berlaga di Ukraina-Polandia. Meskipun, arsitek berusia 64 tahun itu masih memasukan nama Parker dalam 23 pemain  yang menjadi pilihannya.

Karena itu, Hodgson lebih memilih Gerrard dan ia percaya sang kapten bisa membantu pekerjaannya. Ia berharap Gerrard bisa membangun kesatuan dalam tim dan membangun lingkungan yang baik dalam tubuh skuat the Three Lions.
“Saya pikir itu sangat penting bagi perkembangan tim dalam sebuah turnamen besar,” ujarnya.
Nama : Steven George Gerrard
Tanggal Lahir : 30 Mei 1980 (31)
Tempat Lahir : Whiston, Inggris
Posisi : Gelandang
Karier Klub:
- Liverpool (1998 – sekarang).
Karier Timnas : 2000 - sekarang (90 laga, 19 gol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar