Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 01 Desember 2011

ASEAN Cultural Evening di KJRI Houston

INILAH.COM, Houston – Untuk pertama kalinya, komunitas ASEAN berkumpul di Konsulat Jendral RI (KJRI) di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) dalam sebuah event bertajuk ‘ASEAN Cultural Evening’.

Acara pada Selasa (28/11) lalu ini dihadiri sekitar 200 orang dan diprakarsai Konsul Jendral (Konjen) RI Al Busyra Basnur yang bekerjasama dengan Konsul Jenderal Vietnam, Le Dzung, Konsul Kehormatan Thailand, Charles Foster dan Direktur Eksekutif Asia Society Texas Center, Martha Blackwelder.
"Acara ini bertujuan memperkenalkan ASEAN lebih luas kepada masyarakat AS. Juga meningkatkan saling pengertian antara masyarakat ASEAN dengan masyarakat AS agar hubungan dan kerjasama menjadi lebih dekat, lebih baik dan lebih kokoh", kata Al Busyra Basnur.
Acara didahului ASEAN Anthem dan pemutaran film dokumenter tentang ASEAN. Para tamunya antara lain para Konsul Jenderal, pejabat tinggi pemerintah kota, wakil dari Kementerian Luar Negeri AS di Houston, wakil dari kantor Senator, pengusaha, tokoh Perguruan Tinggi dan friends of ASEAN.
Konjen RI, Al Busyra Basnur dalam sambutannya antara lain menyampaikan berbagai perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh ASEAN baik secara regional maupun internasional, hubungan ASEAN dengan AS serta KTT ke-19 ASEAN yang baru saja berlangsung di Bali.
Dalam acara tersebut ditampilkan tarian tradisional ASEAN. Dari Viet Nam tarian Xe chi luon kim + Trong com dan Thuong qua Viet Nam. Dari Thailand tarian Krisda-piniharn dan Mixed Thai musical.
Sementara itu dari Indonesia, para penari berasal dari para pemuda yang tergabung dalam Asosiasi Alumni Pertukaran Pemuda Indonesia - Kanada yang sengaja datang ke Houston dari Jakarta. Mereka menampilkan tarian Mambri (Papua), Ngarojeng (Jakarta) dan Saman (Aceh).
Seusai tarian, undangan menikmati masakan dari berbagai negara ASEAN utamanya Indonesia, Vietnam dan Thailand. Indonesia juga menampilkan demonstrasi memasak Rendang, masakan yang paling lezat di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar