Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Rabu, 17 Oktober 2012

Pemalsu Identitas untuk Bobol Bank Dibekuk Polisi

TRIBUNEWS.COM, SURABAYA - Mantan karyawan salah satu Bank swasta, Bismo Heru Prasetyo (32), Warga Perumahan Wisma Lidah Kulon Blok A/78 Surabaya ditangkap lantaran menjual jasa pembuatan identitas penduduk palsu.

Selama satu tahun Heru membuka usaha pemalsuan KTP dan KSK, yang dipergunakan untuk Kredit Tanpa Agunan (KTA). Selain itu, kredit bank, juga untuk mengajukan kredit di departemen store.
"Tersangka ini memalsukan identitas seperti KSK dan KTP, biasanya digunakan untuk mengajukan kredit," kata Iptu M Solikhin Fery, Selasa (16/10/2012).
Menurut Fery, pelanggan tersangka biasanya mereka yang sudah diblacklist oleh pihak Bank. Siasatnya, tersangka merubah sedikit identitas pelanggannya. Misalnya, nama Arri hanya diubah Ari. Sehingga ketika dicek di bank, tidak muncul nama Arri yang telah diblacklist.
Fery menjelaskan, garapan KTP dan KSK palsu dari tersangka cukup halus. Tidak terlihat jika KTP dan KSK tersebut palsu. Tarifnya Rp 1 juta untuk membuat dua KTP palsu dan satu KSK. Biasanya yang datang pada tersangka adalah pasangan suami istri.
"Di komputer tersangka, memiliki master KTP dan KSK, hanya tinggal ganti foto, lalu KTP itu dicetak," kata Fery.
Selain memalsukan KTP dan KSK, tersangka juga memalsukan stempel, yang digunakan untuk pengajuan kredit, seolah-olah memiliki kerjasama dengan perusahaan tertentu.
"Selain menerima order dari orang lain, tersangka juga memalsukan identitas untuk dirinya sendiri yang digunakan untuk mengajukan kredit," tambah Fery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar