Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 08 Juni 2012

Bom Dipasang di Sepeda, Puluhan Orang Terluka dan Tewas

REPUBLIKA.CO.ID, QUETTA---Ledakan bom di kota Quetta di provinsi Baluchistan, Pakistan baratdaya, Kamis, menewaskan 14 orang yang mencakup tiga anak, kata polisi.


Bom itu dipasang di sebuah sepeda yang diparkir di dekat sebuah madrasah, dimana siswa dan orang-tua berkumpul untuk acara kelulusan.
"Sasarannya adalah madrasah yang sedang menggelar acara pemberian ijazah," kata Deputi Inspektur Jendral Qazi Wahid kepada Reuters.
Beberapa pejabat mengatakan, lebih dari 40 orang cedera dalam serangan tersebut.
Sejumlah kelompok militan beroperasi aktif di Baluchistan, provinsi terbesar namun termiskin di Pakistan.
Separatis Baluchistan mengobarkan kekerasan sejak 2004 untuk menuntut otonomi politik dan pembagian lebih besar dari kekayaan minyak, gas dan mineral di wilayah yang penduduknya dilanda kemiskinan itu.
Kelompok militan Lashkar-e-Jhangvi (LJ) yang terkait dengan Alqaidah juga mengobarkan serangan-serangan terhadap minoritas Syiah, dan beberapa aparat kepolisian di kota itu menyatakan mereka diancam oleh kelompok tersebut.
Pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan sekitar 5.000 orang sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid yang menjadi tempat persembunyian militan di Islamabad pada Juli 2007.
Kekerasan sektarian meningkat sejak gerilyawan Sunni memperdalam hubungan dengan militan Al Qaida dan Taliban setelah Pakistan bergabung dalam operasi pimpinan AS untuk menumpas militansi setelah serangan-serangan 11 September 2001 di AS.
Pakistan juga mendapat tekanan internasional yang meningkat agar menumpas kelompok militan di wilayah baratlaut dan zona suku di tengah meningkatnya serangan-serangan lintas-batas gerilyawan terhadap pasukan internasional di Afghanistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar