Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 13 April 2012

Rata-rata Korban Meninggal Gempa Aceh karena Jantungan


TRIBUNNEWS.COM, BANDA ACEH - Gempa berkekuatan 8,5 dan 8,1 skala Richter yang mengguncang Aceh, Rabu (11/4/2012) pukul 15.30 WIB dan pukul 17.30 WIB menyebabkan lima warga Aceh meninggal dunia.
Satu orang kritis dan enam lainnya luka ringan.
Relawan Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Banda Aceh, M Nasir Nurdin, menyebutkan, selain warga Jeulingke, Banda Aceh yang bernama Yatim Kulam (70) yang meninggal akibat serangan jantung, seperti diberitakan Serambi kemarin, ada dua lagi warga Aceh Besar meninggal karena jantungan, dan satu orang di Aceh Barat Daya.
"Keduanya adalah M Yusuf (70), warga Gampong Bayu, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, dan Fauziah, warga Gampong Leu U, kecamatan yang sama. Mereka yang sudah berusia lanjut ini diperkirakan meninggal akibat syok berat, karena kuatnya guncangan gempa," kata Nasir Nurdin kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (12/4/2012).
Adapun warga Abdya yang meninggal akibat serangan jantung pascagempa itu bernama Hatijah Hamid (70).
Sesuai informasi dari relawan RAPI di lapangan, Nasir Nurdin mengatakan, selain korban meninggal, sejumlah bangunan di Banda Aceh dan Aceh Besar juga rusak.
Seperti rumah milik Arif Munandar di Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar.
"Di Gampong Lam Kuta, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, ada rumah yang belum diketahui pemiliknya juga roboh. Kantor RAPI Aceh di Desa Meunasah Manyang, Kecamatan Jaya Baru, Aceh Besar, lantainya masuk ke dalam (ambruk)," ujar Nasir Nurdin.
Sedangkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) yang beredar lewat pesan BBM di kalangan wartawan, ada dua warga lagi juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa itu.
Seorang di antaranya, pria warga Lhokseumawe berumur 39 tahun, tapi belum diketahui identitasnya. "Satu lagi di Kabupaten Aceh Barat atas nama Hatijah Hamid (70). Beliau meninggal juga akibat serangan jantung," demikian isi pesan BBM itu.
Masih berdasarkan data BPBN yang beredar lewat BBM, seorang anak kritis akibat tertimpa pohon saat gempa di Singkil. Adapun enam orang menderita luka ringan adalah empat warga di Simeulue dan dua orang di Aceh Singkil.
Meninggal jantungan
Dari Aceh Barat Daya (Abdya) dilaporkan, satu orang meninggal akibat serangan jantung karena syok diguncang gempa.
Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdya, Rahwadi AR, warga yang meninggal itu bernama Hatijah Hamid (70), warga Desa Pisang, Kecamatan Setia.
Ia mengembuskan napas terakhir di lokasi pengungsian, kawasan Pegunungan Suak, Abdya, Rabu (11/4/2012) sore, pascagempa susulan.
Kata Rahwadi AR, tidak ada kerusakan parah terhadap bangunan di Abdya akibat gempa tersebut. Ratusan orang sempat mengungsi, namun sudah kembali ke rumah masing-masing pada Kamis (12/4/2012) pagi.

Editor: Anwar Sadat Guna  |  Sumber: Serambi Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar