Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Jumat, 13 April 2012

Demokrat Sulsel Usung Jusuf Kalla Capres 2014


TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Ketua DPD I Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel), Ilham Arief Sirajuddin, menegaskan, pihaknya akan mengusung mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla sebagai salah satu calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Hal tersebut akan diputuskan dalam rapat pimpinan daerah (rapimda) khusus Partai Demokrat Sulsel. "Sejak awal kita sudah menominasikan tokoh nasional ini (Kalla) sebagai salah satu capres di Pilpres 2014," kata Ilham kepada Tribun, Kamis (12/4/2012).
Demokrat Sulsel belum menggelar rapat atau pengambilan keputusan terkait pernyataan dukungan dari Ilham yang juga pernah menjabat Ketua DPD Golkar Sulsel selama setahun ini sebelum pindah partai.
Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel secara terbuka mengusulkan Jusuf Kalla sebagai capres. Bahkan, PPP Sulsel berhasil menggalang dukungan 15 DPW lainnya untuk mendukung Kalla pada Rapimnas DPP PPP di Kediri, Jatim, beberapa waktu lalu.
Sementara DPW PKS Sulsel juga menyatakan kesiapannya memasukkan nama Kalla sebagai salah satu kandidat eksternal untuk diusung di Pilpres 2014.
Sebelumnya, beredar kabar DPD I Partai Golkar Sulsel hanya mengusung satu nama kandidat presiden yakni Ketua Umum DPP Golkar, Aburizal Bakrie.
Namun, Ketua DPD I Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang ditemui usai rapat paripurna di DPRD Sulsel, kemarin, menegaskan hingga saat ini Golkar Sulsel belum mengambil keputusan resmi soal dukungan di Pilpres 2014 mendatang.
"Siapa yang bilang Golkar tidak memunculkan nama JK (Kalla). Golkar mana dulu?" kata Syahrul yang juga Gubernur Sulsel kepada wartawan.
Rapat Khusus Informasi yang dihimpun Tribun, Rabu (11/4/2012) malam, Syahrul kembali menggelar rapat pleno khusus diperluas dengan agenda pemantapan pemilihan gubernur dan sikap DPD Golkar Sulsel menjelang rapat pimpinan nasional khusus (rapimsus) di Jakarta.
Ini adalah rapat pleno kedua DPD Golkar Sulsel, dalam sepekan terakhir. Dalam rapat yang langsung Syahrul, Minggu pekan lalu, mengisyaratkan Aburizal yang akrab disapa Ical sebagai capres usungan mayoritas DPD I.
"Mayoritas mendukung Pak Ical, di Capres," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD Golkar Sulsel Ajiep Padindang.
Pembina Demokrat Ilham tak merinci kapan Demokrat Sulsel akan mengusung nama Kalla di mekanisme pengambilan keputusan partai." Kita akan bawa ini ke Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) selaku pendiri dan ketua dewan pembina partai," katanya.
Wali Kota Makassar ini mengatakan, dalam mekenisme partainya, Demokrat Sulsel wajib hukumnya memasukan nama Kalla sebagai salah satu kandidat capres dari Sulsel.
PKS Sulsel juga sudah berjanji akan mengusung nama Kalla. Ketua DPW PKS Sulsel, Andi Akmal Pasluddin, mengatakan, PKS mendukung karena ketokohan dan leadership-nya tidak diragukan lagi.
Reaksi Kalla Melalui media officer-nya, Husain Abdullah, mengatakan bahwa JK mengetahui dan mengikuti dinamika politik lokal di Golkar Sulsel terkait pengusulan Aburizal "Ical" Bakrie sebagai figur tunggal calon presiden usungan Golkar.
"Pak JK pasti mengikuti dinamika ini meskipun saat ini beliau sedang fokus ke Aceh setelah adanya gempa yang berkekuatan besar di sana," kata Husain

Penulis: Srihandriatmo Malau  |  Editor: Anwar Sadat Guna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar