Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Minggu, 27 Januari 2013

Awal 2013 Ratusan Rumah di Sukabumi Rusak akibat Bencana

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Sepanjang awal Januari 2013, ratusan unit rumah di Kabupaten Sukabumi rusak akibat bencana. Selain itu ada tiga jembatan yang rusak akibat bencana.
Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah rumah warga yang rusak mencapai sebanyak 576 rumah. Rinciannya sebanyak 104 rusak berat (RB), 89 rusak sedang (RS), dan 383 rusak ringan (RR) serta 144 unit rumah lainnya terancam.‘’Bencana yang mendominasi adalah longsor,’’ ujar Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo, kepada ROL, Ahad (27/1).
Pasalnya, dari awal tahun hingga 24 Januari lalu telah terjadi sebanyak 47 kasus longsor. Sementara kasus bencana terbanyak kedua adalah angin kencang sebanyak 26 kasus. Bencana lainnya yang terjadi yakni peristiwa kebakaran sebanyak 15 kasus, banjir sebanyak 10 kasus, dan pergerakan tanah sebanyak empat kasus.
Usman mengatakan, bencana tersebut terjadi di 33 kecamatan dari 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Diantaranya Kecamatan Nagrak, Cisolok, Cibadak, Kalapanunggal, Warungkiara, Cikembar, Caringin, Surade, Jampang Tengah, Cidolog, dan Ciracap.
Puluhan kecamatan tersebut memang termasuk dalam daerah rawan bencana alam. Selain merusak rumah, bencana di awal Januari juga menyebabkan timbulnya korban jiwa. Bencana longsor di Kampung Nyelempet RT 05 RW 11 Desa Giri Jaya, Kecamatan Nagrak misalnya meyebabkan dua orang warga tewas yakni Yuyun (55 tahun) dan cucunya Rizki Maulana (5 bulan).
Menurut Usman, maraknya bencana salah satunya disebabkan karena tingginya instensitas hujan di Januari. Sementara di sisi lain daerah Sukabumi termasuk daerah rawan bencana seperti longsor, banjir, dan pergerakan tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar