Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 13 September 2012

Tiki-Taka Tak Berguna di Serie A Italia

TRIBUNNEWS.COM, ROMA - Tiki-taka yang dipopulerkan Barcelona dan Timnas Spanyol memang tengah menjadi primadona di dunia sepak bola.
Banyak klub yang mencoba meniru gaya bermain yang mengedepankan ball-possession prima itu.
Namun, upaya mengadaptasi gaya bermain tiki-taka ternyata tak berjalan dengan efektif di Italia. Terlihat dari percobaan Luis Enrique bersama AS Roma pada musim lalu.
Mantan gelandang Roma yang kini berseragam Fiorentina, David Pizarro pun turut mengecilkan arti sepak bola tiki-taka di Italia. Menurut dia, gaya bermain seperti itu tak akan berjalan dengan sempurna di Italia.
"Vincenzo Montella (pelatih Fiorentina) mengkritik tiki-taka? Aku setuju dengan dua, juga sewaktu bermain di bawah asuhan Luciano Spalletti. Di Italia, yang kalian perlukan adalah mencetak gol," sindir Pizarro.
"Menambah periode penguasaan bola memang menyenangkan ketika pada saat itu tengah menang. Itu juga bisa menjadi senjata andalan untuk membuat musuh kelelahan dan memukul mereka pada waktu yang tepat. Musim lalu, kita melihat Luis Enrique bersama Roma dan semua orang bicara soal tiki-taka. Tapi pada akhirnya tak terlihat," pungkas dia.
Pelatih Roma saat ini, Zdenek Zeman pun menjadi salah satu yang paling keras mengkritik gaya bermain tiki-taka. "Umpan-umpan horizontal sangat tidak berguna," tukas Zeman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar