Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Selasa, 25 September 2012

Ratusan Hektare Hutan di Puncak Gunung Lawu Terbakar

TRIBUNNEWS.COM,NGAWI-Sekitar 500 hektar hutan di puncak Gunung Lawu ludes terbakar. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab kebakaran hutan yang terjadi sejak Minggu (23/9/2012) hingga Senin (24/9/2012) tak kunjung padam itu.

Namun, sejumlah petugas Perhutani memastikan jika titik awal munculnya api kebakaran hebat ini, dari petak 19 Rayon Pemangku Hutan (RPH) Banjaran Lawu Utara, BKPH Jogorogo, RHP Lawu Ds. Apalagi, kini kebakara itu merembet hingga masuk ke petak 20 masuk wilayah RPH Ngetrep yang sebagian merupakan hutan rimba dengan tanaman campuran, pohon kristiani, cemara, serta kalitus.
Dampaknya, tanaman dan ribuan pohon yang berusia dibawah 5 tahun dipastikan mati. Apalagi, kebakaran itu sudah merambah ke sejumlah pohon pinus di hutan pinus. Kondisi ini, semakin menyulitkan petugas untuk memadamkan api kebakaran itu.
Salah seorang petugas perhutani yang ikut memadamkan api menjelaskan jika kebakaran hutan itu, sudah masuk sejumlah wilayah desa dipinggiran hutan. Diantaranya, Desa Ngroto, Ngendut, Joja, Gambang, Pakel, dan Giri Mulyo. Untuk meminimalisir kebakaran itu, petugas hanya membuat ilaran api agar api tidak menjalar ke sejumlah wilayah hutan lainnya karena tiupan angin kencang.
"Medan susah dijangkau dan apinya besar jelas sangat menyulitkan kami untuk memadamkan api," terangnya kepada Surya (TRIBUNNEWS GROUP), Senin (24/9/2012).
Sementara, salah seorang Asper Lawu Ds, Muhajir yang dikonfirmasi melalui ponselnya menegaskan jika pihaknya belum bisa memastikan pemicu kebakaran. Akan tetapi, pihaknya memastikan jika api berasal dari petak 19 RPH Banjaran Lawu Utara, Desa Gri Kerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar