Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Selasa, 13 November 2012

Vilanova 'Angkat Topi' untuk Messi

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Tito Vilanova angkat topi atas prestasi yang sudah diukirkan megabintangnya, Lionel Messi.


Sepanjang 2012, predator La Liga itu rata-rata mencetak dua gol di setiap pertandingan. Bahkan dua dari empat gol yang dicetak Barca ke gawang Real Mallorca dalam lanjutan La Liga Spanyol, mengantarkan Messi melampaui rekor legenda sepak bola Brasil, Pele.

Dalam satu tahun, Messi mampu mencetak 76 gol untuk Timnas Argentina dan Barcelona, atau unggul satu gol dari Pele yang pada 1959 mencetak 75 gol untuk Timnas Brasil dan Santos.

Di pentas La Liga, Messi kini sudah mengemas 15 gol, termasuk hattrick ke gawang Deportivo La Coruna, bulan lalu. Pundi-pundi prestasi itu membuat penyerang 25 tahun itu digadang-gadangkan bakal menyabet gelar FIFA Ballon d'Or 2012 atau untuk kali keempat secara beruntun.

Kini Messi yang sudah menyumbangkan 64 gol untuk Barca, dan 12 gol untuk Argentina, mengejar rekor gol terbanyak dalam satu musim, yang masih dipegang legenda Jerman, Gerd Mueller. Pada 1972, Mueller mencetak 85 gol dalam satu tahun. Namun, mengingat tahun ini masih menyisakan beberapa pertandingan, Messi digadang-gadangkan menjadi monster kotak penalti paling ganas sejagat.
Musim lalu, jumlah gol Messi melampaui rivalnya Cristiano Ronaldo. Ayah satu anak itu mencetak 50 gol di La Liga, sementara CR7 hanya mencetak 40 gol. Catatan itu kian sempurna karena Messi menjadi top skorer Liga Champions musim lalu untuk kali keempat beruntun.

"Leo secara konstan memecahkan rekor dan statistik mencetak golnya spektakuler," puji Vilanova, seperti disadur dari Reuters, Senin (12/11).

Vilanova sudah akrab dengan pemain kidal itu sejak masih menimba ilmu di La Masia. "Terdapat pemain-pemain hebat yang memerlukan tujuh atau delapan musim untuk menorehkan jumlah gol yang ia cetak dalam semusim," tambahnya.

"Anda juga harus selalu mengingat bahwa sebagian dari mereka benar-benar mengejutkan."

Messi berpeluang menambah pundi-pundi golnya saat Argentina menantang Arab Saudi dalam laga persahabatan, Kamis (15/11) dini hari WIB. Atau saat Barca menjamu Real Zaragoza di pentas La Liga Spanyol, Sabtu (17/11) mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar