Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Pada Blog Kami

Kamis, 04 Agustus 2011

Warga di Kaki Gunung Merapi Sumbar Diminta Tetap Waspada





TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sudah menyiapkan masker untuk masyarakat di sekitar kaki Gunung Merapi, yakni Kecamatan Canduang, menyusul meningkatnya aktivitas Gunung Merapi sejak Rabu (3/8/2011) pagi.


Camat Canduang Monisfar, mengatakan, aktivitas gunung masih terdengar mengalami letusan dan peningkatan ketebalan asap. Namun, arah angin sekarang cenderung ke Barat Laut dan diperkirakan mengarah ke kawasan Kota Padangpanjang dan Kabupaten Padang Pariaman.

“Jika arah angin berubah, untuk Kecamatan Canduang, Diskes Agam sudah menyiapkan masker bagi masyarakat,” katanya.

Saat ini, katanya, masyarakat tidak bisa memandang ke arah puncak gunung tersebut karena terhalang oleh awan hitam dan debu yang menyelimuti puncak gunung. Namun, masyarakat beserta unsur terkait tetap waspada terhadap perkembangannya.

Monisfar berharap masyarakat untuk waspada dan memonitor perkembangan yang terjadi. Masyarakat juga dilarang untuk mendekati gunung tersebut.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol, Martiaswanto yang berada di lokasi menyampaikan kepada masyarakat supaya jangan terpengaruh dengan isu yang bisa membuat masyarakat cemas. Ia meminta masyarakat tetap tenang namun waspada.

Gunung Merapi dengan tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (dpl) itu telah delapan kali menyemburkan debu vulkanik sejak Rabu (3/8/2011) pagi. Semburan debu bahkan mencapai Sicincin dan Sungai Sariak, Padang Pariaman. (*)

Editor: Harismanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar